kabar bisma

Lestarikan Kearifan Lokal, Petugas Layanan Bapas Malang Kenakan Pakaian Adat

Malang (25/10) – Ada yang berbeda dengan suasana Bapas Kelas I Malang hari ini. Petugas layanan Bapas Kelas I Malang mengenakan pakaian adat saat memberikan layanan. Ya, hari ini merupakan hari spesial, yakni hari Pelayanan Publik Khusus dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Tahun 2021.


Pada hari Pelayanan Publik Khusus ini, petugas layanan di seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim, tak terkecuali Bapas Kelas I Malang, mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Petugas Layanan Bapas Kelas I Malang sendiri mengenakan pakaian adat dari daerah Jawa, Madura, dan Sumatera.

Tak ayal tampilan baru ini menarik minat pengguna layanan, salah satunya adalah Aan, pengguna layanan yang datang ke Bapas Kelas I Malang untuk mengakses layanan Registrasi Klien. 


“Saat saya masuk, wah, saya kaget sekali karena petugas menggunakan baju adat, tidak berseragam seperti biasanya. Unik banget!” ujar Aan.


Aan menambahkan, selain mengenakan pakaian adat, petugas layanan Bapas Kelas I Malang juga melayani dengan ramah, sopan, dan cekatan sehingga ia merasakan layanan yang memuaskan.


Sehubungan dengan kegiatan ini, Kepala Bapas Kelas I Malang, Sugandi, menyampaikan bahwa momen pelayanan publik khusus ini merupakan salah satu upaya Kementerian Hukum dan HAM dalam melestarikan kearifan lokal.


“Dengan adanya petugas layanan yang mengenakan pakaian adat, diharapkan dapat melestarikan kearifan lokal melalui pengenalan budaya lokal kepada pengguna layanan serta pegawai Bapas Kelas I Malang sendiri,” tutur Sugandi.