kabar bisma

PPKM Darurat, Bapas Malang Lakukan Registrasi Klien Secara Online

Malang (8/7) – Diberlakukannya PPKM Darurat untuk pencegahan dan penanggulangan penyebaran COVID-19, tidak menurunkan semangat Bapas Malang dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna layanan. Seperti hari ini, Bapas Malang mulai melakukan penerimaan atau registrasi klien Asimilasi Rumah dan Integrasi secara online.

Sebanyak dua UPT Lapas dan Rutan di wilayah kerja Bapas Malang melakukan serah terima dan registrasi klien secara online. Dua UPT tersebut adalah Lapas Kelas IIB Probolinggo, dengan jumlah WBP yang diserahterimakan sebanyak 10 orang, dan Rutan Kelas IIB Kraksaan dengan jumlah 10 orang WBP.

Mekanisme Registrasi Online ini dilakukan dengan cara UPT Lapas Rutan mengisi data WBP yang akan menjalani Asimilasi Rumah dan Integrasi di wilayah kerja Bapas Malang pada aplikasi SIMAS BISMA satu hari sebelum pelaksanaan pemulangan.

Setelah itu, pada saat hari klien akan menjalani Asimilasi Rumah dan Integrasi, petugas layanan registrasi Bapas Malang akan melakukan interview singkat dengan klien dan memberikan arahan serta penguatan mengenai hak dan kewajiban selama menjalani Asimilasi Rumah dan Integrasi.

Adapun kegiatan registrasi dan serah terima klien yang dilakukan secara online menggunakan aplikasi SIMAS BISMA dan teleconference Zoom ini diharapkan dapat menekan penyebaran COVID-19 serta mempermudah pengguna layanan dalam mengakses layanan registrasi yang lebih cepat, mudah, dan efisien.