kabar bisma

Potret Puncak Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Bapas Malang

Malang – Bapas Malang menggelar Upacara bendera yang menjadi puncak dari perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-78. Upacara ini dilaksanakan pada Kamis (17/08/ 2023), dan bertempat di kantor Bapas Kelas I Malang. Acara dimulai dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 09.00, dan dapat terlaksana dengan lancar.

Para peserta upacara yaitu pegawai, mahasiswa magang, dan klien Bapas Malang hadir dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, sedangkan untuk pegawai yang bertugas sebagai petugas upacara mengenakan seragam Pakaian Dinas Upacara I (PDU I).

Pada sesi amanat, Inspektur Upacara, Plt. Kepala Bapas Malang, Suprianto membacakan teks sambutan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Dalam pesan sambutannya, Menkumham Yasonna H. Laoly menyampaikan ucapan selamat kepada para pegawai yang menerima penghargaan Satyalencana Karya Satya X (sepuluh), XX (dua puluh), dan XXX (tiga puluh) tahun. Penghargaan ini sendiri diberikan kepada empat pegawai Bapas Malang yaitu Indung Budianto, Rifqi Samanhudi, Erna Yulianti, dan Rr. Nining Handayani.

Dalam sambutan tertulisnya, Menkumham RI juga menyampaikan bahwa kita sebagai warga negara harus senantiasa membentengi diri dari ancaman pihak-pihak yang ingin mempersempit dan membatasi ruang dalam kebhinekaan dan keberagaman. Kuncinya adalah jas merah (jangan sekali-sekali melupakan sejarah). Sebab negara ini berdiri juga dengan melibatkan tokoh-tokoh dari beragam suku, agama, ras, dan golongan. Namun, demi berdirinya Indonesia, semua akhirnya melebur, menyatu, menata, dan menyatukan niat untuk satu tujuan dan satu nama, Indonesia.

Lebih lanjut, Menkumham RI berharap agar warga negara dapat berperan aktif dalam mendukung capaian kemajuan pembangunan, membantu menyelesaikan masalah kebangsaan, dan sebagai pemersatu bangsa. Tidak lupa beliau juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kemenkumham RI yang sampai saat ini masih kompak, bersatu, saling menghargai, berkarya, berprestasi, dan mampu berkontribusi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat dan mandiri. Setelah upacara selesai, diadakan sesi foto bersama seluruh peserta upacara dan pembacaan pemenang lomba pada kegiatan peringatan HUT RI yang telah diselenggarakan sebelumnya.