kabar bisma

Dalami Strategi Konseling dan Diskusi Kewirausahaan Klien

Malang – Salah satu kunci keberhasilan Pembimbing Kemasyarakatan (PK) dalam melaksanakan pembimbingan adalah klien tidak lagi melakukan pengulangan tindak pidana. Untuk mencapai hal tersebut, PK perlu memiliki relasi yang baik dengan klien serta memiliki kemampuan konseling yang baik sehingga dapat membantu klien menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapinya.

Kali ini, PK Bapas Malang Kanwil Kemenkumham Jatim kembali mendalami teknik dalam melakukan konseling. Dipandu oleh Selly Dian Widyasari, S.Psi., M.Psi., Psikolog, akademisi dari Prodi Psikologi Universitas Brawijaya, PK Bapas Malang memperdalam strategi praktis dalam melakukan konseling kepada klien.

“Mengimplementasikan tahapan-tahapan konseling micro skill dapat membantu bapak ibu untuk memahami klien lebih dalam dan mencapai keberhasilan konseling,” tutur Selly Dian.

Selain menambah wawasan dari bidang psikologi, kali ini PK Bapas Malang juga berkesempatan mendalami ilmu kewirausahaan. Dr. Nanang Suryadi, S.E., MM., dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya berbagi trik jitu mengenai pemasaran produk.

“Beberapa produk klien Bapas Malang yang memiliki kualitas baik rasanya akan disayangkan jika tidak dipasarkan dengan baik. Untuk itu, akan sangat menarik jika Bapas Malang dapat memperkenalkan produk klien secara lebih luas, seperti melalui website ataupun marketplace,” jelas Nanang.

Melalui kegiatan Corpu ini, PK Bapas Malang dapat mengimplementasikan strategi praktis konseling dan wirausaha klien sehingga diharapkan dapat memberikan layanan pembimbingan yang lebih baik kepada klien pemasyarakatan.

Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan rangkaian dari Corporate University Bapas Kelas I Malang bersama Dosen Universitas Brawijaya yang berlangsung setiap satu minggu sekali sepanjang bulan September hingga Oktober.