kabar bisma

Sosiolog UB Bagikan Strategi Pengembangan Diri Klien Bapas Malang

Malang (5/10) – Profesionalisme pegawai merupakan salah satu aspek dalam prinsip dasar pelayanan prima. Sebagai bentuk keseriusan, Bapas Kelas I Malang menggandeng akademisi untuk meningkatkan profesionalisme pegawai melalui Corporate University (Corpu).

Dalam Corpu hari ini, Dhanny S. Sutopo, S.Sos., M.Si yang merupakan akademisi dan Sosiolog pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya didapuk menjadi pemateri.

Mengawali kegiatan Corpu, pemateri membuka dengan diskusi ringan mengenai bagaimana Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas Kelas I Malang dalam membimbing klien pemasyarakatan. Seluruh pegawai Bapas Kelas I Malang yang hadir baik secara luring maupun daring sangat antusias dalam diskusi ini.

Banyak hal mengenai kehidupan klien pemasyarakatan yang menjadi pembahasan dalam Corpu kali ini, salah satu poin yang menarik adalah bagaimana masyarakat masih mengkonstruksikan eks warga binaan pemasyarakatan (WBP) sebagai individu yang bersalah.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat masih memberi label kepada mantan warga binaan, untuk itu, akan menjadi menarik jika Bapas dapat mengubah klien pemasyarakatan yang termarginalkan ini menjadi seseorang yang berpotensi dan dibutuhkan oleh masyarakat,” ujar Dhanny.

Sebagai informasi, kegiatan Corporate University bersama Dosen Universitas Brawijaya ini berlangsung setiap satu minggu sekali sepanjang bulan September hingga Oktober.