kabar bisma

Peroleh Penguatan dari TPI, Bapas Malang Siap Meraih WBK

Malang – Hari ini, Senin (06/09/21) Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kemenkumham melakukan kunjungan ke Bapas Kelas I Malang.

Dalam kunjungan tersebut tim disambut dengan yel-yel “Bapas Malang Mbois” yang disemarakkan oleh seluruh pegawai Bapas Kelas I Malang. Usai menyaksikan yel-yel , tim didampingi oleh Kabapas dan Ketua Tim Pembangunan Zona Integritas melakukan peninjauan lapangan, dimulai dari front office, layanan terpadu satu pintu, hingga peninjauan fasilitas publik seperti ruang tunggu khusus disabilitas, alat bantu kelompok rentan, hingga ruang laktasi, ruang bermain anak, dan toilet yang ramah HAM.

Setelah peninjauan lapangan, tim bergerak menuju Aula Bapas Kelas I Malang untuk melakukan simulasi Desk Evaluasi. Pada simulasi ini, ditampilkan video jingle serta pengenalan maskot dan paparan pembangunan Zona Integritas yang disampaikan oleh Kepala Bapas Kelas I Malang, Bapak Sugandi.

Dalam paparannya, Kabapas menyampaikan proses pembangunan Zona Integritas di Bapas Malang, yakni mulai dari perbaikan sarana prasarana serta inovasi SIMAS BISMA. “Inovasi SIMAS BISMA yang kami kembangkan ini, untuk menjawab kendala klien yang sebelumnya harus datang ke Bapas Malang untuk melakukan wajib lapor. Dengan adanya SIMAS BISMA, klien tidak perlu hadir ke Bapas Malang dan dapat melakukan wajib lapor kapan saja dan di mana saja.” tutur Sugandi.

Usai mendengarkan paparan, Tim TPI menyampaikan evaluasinya, meliputi materi paparan dan video profil. “Kabapas sudah sangat baik dalam memberikan paparan, terlihat sangat memahami dan tidak membaca paparan yang ada. Namun demikian, akan menjadi lebih menarik ketika inovasi SIMAS BISMA lebih jauh diulas, serta dikatikan dengan enam area perubahan yang ada, sehingga menambah nilai plus saat Desk Evaluasi oleh TPN nantinya ” ungkap Hari Purwanto, Tim TPI.

Selain itu, Fera Aridra, salah satu tim TPI juga menambahkan masukan mengenai pemberitaan mengenai keberhasilan PK dalam membimbing klien juga perlu diblow up secara masif. “Bapas Malang sudah sangat baik dalam membimbing klien, untuk itu, perlu dilakukan pemberitaan yang lebih banyak lagi sehingga publik mengetahui kinerja Bapas Malang yang sudah sangat baik.” tambah Fera.

Untuk diketahui dalam kunjungan tersebut Tim II TPI Pengendali Teknis oleh Aminullah Noor Pakpahan, Hari Purwanto, Zein Ihya Ulumuddin, Ade Rizke Putri WIbowo, serta Fera Arindra Tri Anestya. Sedangkan dari Kantor Wilayah tim yang hadir adalah Kepala Divisi Administrasi, Kepala Bagian PH, Kepala Bagian Umum, serta Kepala Bidang HAM.