kabar bisma

Bincang dengan Dosen FISIP UB: Antusiasme Akademisi Terhadap Pemasyarakatan

Malang (6/4) – Hari ini, Kepala Bapas Kelas I Malang beserta jajaran bertemu dengan Ilhamuddin, S.Psi., M.A., yang merupakan salah satu dosen pada jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya Malang. Pertemuan ini membahas mengenai rencana kerja sama penyusunan program intervensi kepada klien pemasyarakatan.

Rencananya, kegiatan ini tidak hanya melibatkan dosen, namun juga mahasiswa yang melaksanakan Praktik Program Intervensi pada semester ini. “Kami ada 5 kelas dengan jumlah mahasiswa 180 Mahasiswa. Dan dibagi menjadi per kelompok. 1 Kelompok 4 Mahasiswa. Ada 45 Kelompok. Jika masing-masing kelompok menyusun Program Intervensi, maka ada kemungkinan 45 Program yang dapat dijadikan sebagai Referensi Kajian dan Program Intervensi di Bapas.” ujar Ilhamuddin.

Kepala Bapas Kelas I Malang beserta jajaran menyambut baik gagasan dari akademisi FISIP UB yang juga merupakan bagian dari Pokmas Lipas Bapas Kelas I Malang. “Kami sangat berterima kasih atas rencana program yang ditawarkan dan jajaran kami siap untuk berpartisipasi dalam program tersebut, demi kepentingan klien pemasyarakatan agar tidak lagi melakukan pengulangan pidana dan dapat menjalani kehidupan yang lebih baik,” pungkas Sugandi, Kepala Bapas Kelas I Malang.

Pada akhir perbincangan, disampaikan bahwa tidak hanya klien pemasyarakatan saja yang menjadi concern dari akademisi, namun juga petugas pemasyarakatan. Diharapkan, program kerja sama ini juga dapat meningkatkan kompetensi pegawai dalam menangani klien pemasyarakatan.