kabar bisma

Sosialisasi Bapas Malang Disambut Antusiasme Tinggi Warga Binaan

Malang – Jumat (25/08/2023) Bapas Kelas I Malang menggelar sosialisasi pembekalan dan informasi layanan untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) IIA Malang. Sosialisasi ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) IIA Malang.

Sosialisasi ini dibawakan oleh tim Bapas Malang Mbois yang beranggotakan, Agung Fajar Utomo, Ulan Widi Oktaviani, Moh. Zakaria, Ramadhan Adi Pradana, dan Nurul Farida. Sosialisasi ini dilaksanakan guna memberi pemahaman seputar pelayanan yang ada di bapas malang seperti alur Penelitian Kemasyarakatan (Litmas), alur registrasi online, hak dan kewajiban WBP, serta ragam pembimbingan yang disediakan oleh Bapas Malang.

Selain informasi seputar pelayanan Bapas Kelas I Malang, dibawakan juga materi seputar pekerjaan dan tantangan WBP perempuan dalam mencari pekerjaan. Isi materi yang disampaikan seputar tips menghindari risiko mengulangi tindakan pidana, opsi pekerjaan, tips memperoleh pekerjaan, dan tantangan perempuan dalam bekerja. Materi ini disampaikan oleh tiga mahasiswa magang Bapas Kelas I Malang dari Universitas Brawijaya, yaitu Riska Gabreelia Patresia Tinambunan, Aurelia Berliana Happy, dan Farrel Fachlevi.

Antusiasme dari peserta terlihat tinggi, terlihat ada sekitar 50 orang yang menghadiri acara ini. Tampak beberapa peserta juga sangat aktif saat sesi tanya jawab. “ini dibuktikan dengan partisipasi dari peserta pada sesi sharing pengalaman dan rencana mereka ketika sudah bebas dari lembaga pemasyarakatan perempuan IIA Malang,” terang Farrel.

Farrel juga menyampaikan bahwa mereka berharap agar materi yang disampaikan dapat memberi manfaat dalam mencegah terjadinya penggulangan tindak pidana (residivis) bagi narapidana perempuan yang berada di lembaga pemasyarakatan perempuan kelas IIA Malang, serta mempersiapkan narapidana perempuan untuk lebih siap turun ke masyarakat dengan adanya tips dan referensi dalam pekerjaan pada materi yang dibawakan.