kabar bisma

Bapas Malang Jadi Lokasi Evaluasi Pelatihan Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan

Malang – Sebanyak 18 orang Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Malang menjadi sampel dalam kegiatan Evaluasi Pasca Pelatihan Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur. Kegiatan evaluasi dilakukan secara langsung oleh Tim Evaluasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM di Aula Bapas Malang pada Kamis (17/11).

Perencana Madya sekaligus Tim Evaluasi, Siti Fathiyah, menyampaikan bahwa kegiatan evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui outcome dan benefit Pelatihan Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2019 hingga 2021.

“Evaluasi ini kami lakukan minimal satu tahun setelah alumni mengikuti kegiatan pelatihan,” ujar Siti saat membuka kegiatan evaluasi.

Selanjutnya, Tim Evaluasi melakukan wawancara dan crosscheck data terhadap hasil pengisian kuesioner peserta evaluasi. Adapun wawancara yang dilakukan terkait pelaksanaan tugas dan fungsi, pengembangan potensi dan karir, serta penggalian diri mengenai benefit yang diperoleh setelah mengikuti pelatihan.

Secara umum, tim evaluasi memperoleh gambaran mengenai outcome dan benefit dari Pelatihan Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan yang telah diikuti oleh Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Malang.