kabar bisma

Dalami Teknik Penanganan Narapidana Terorisme, PK Bapas Malang Ikuti Pelatihan

Malang – Sebanyak enam Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Kelas I Malang mengikuti kegiatan “Pelatihan dan Peningkatan Kemampuan Terhadap Petugas Pemasyarakatan dalam Penanganan Narapidana Terorisme” yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bertempat di Hotel Atria Malang, 6-8 September 2022.

Saat membuka kegiatan, Direktur Pembinaan Kemampuan BNPT, Brigjen Pol Wawan Ridwan, S.I.K., S. H., M.H., menyampaikan bahwa penanganan narapidana terorisme (napiter) memerlukan teknik dan pendekatan yang berbeda dengan narapidana tindak pidana lainnya. Hal ini dikarenakan napiter memiliki potensi untuk menyebarkan paham radikal dan menarik masyarakat untuk bergabung dalam jaringan yang mengarah pada ekstrimisme.

“Untuk itu, pelatihan kali ini penting untuk meminimalisir kemungkinan resiko yang akan muncul pada saat penanganan napiter,” tutur Wawan.

Sebagai informasi, kegiatan pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti oleh Divisi Pemasyarakatan serta Wali Pemasyarakatan dan Pembimbing Kemasyarakatan dari 28 UPT Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur.