kabar bisma

Bazar Produk Usaha dan Donasi Telur BSF Jadi Cara Bapas Malang Dukung UMKM

Malang – Banyak di antara klien pemasyarakatan Bapas Kelas I Malang mencoba menggeluti dunia wirausaha pasca menjalani masa pidana. Tentunya, memulai usaha dari nol tidaklah mudah memerlukan dukungan dari banyak pihak.

Untuk itu, dalam rangka peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58, Bapas Kelas I Malang memberikan dukungan pada klien yang mulai mengembangkan kegiatan usahanya, dengan mengadakan kegiatan Bazar Produk Usaha dan Donasi Telur Black Soldiers Fly (BSF) atau biasa dikenal dengan maggot.

Dalam kegiatan Bazar Produk Usaha, klien yang berwirausaha dapat menawarkan produknya untuk dipromosikan dan diperjualbelikan di kalangan pegawai Bapas Kelas I Malang dan masyarakat luas. 

Berbagai produk usaha klien seperti makanan ringan, pakaian, frozen food, permen, jamu herbal, hingga hampers lebaran laris manis diborong oleh pegawai Bapas Malang dan masyarakat. Hingga 19 April 2022, tercatat omset penjualan produk klien mencapai Rp17.277.000,00.

Selain itu, Bapas Kelas I Malang juga memberikan kegiatan edukasi mengenai budidaya BSF kepada klien pemasyarakatan di Desa Sumbermanjing Kulon, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang. Tidak hanya edukasi, Bapas Kelas I Malang juga menyerahkan telur dan box bagi klien untuk dapat langsung mempraktikkan budidaya BSF di rumah masing-masing.

Adapun harapannya, budidaya BSF dapat menjadi peluang baru bagi klien dalam membuka usaha mengingat pasar ekspor yang masih menjanjikan. Selain itu, budidaya BSF juga dapat menjadi solusi klien yang memiliki usaha pengolahan pangan, mengingat banyak limbah hasil produksi yang selama ini menjadi permasalahan dan belum termanfaatkan.