kabar bisma

TPN Apresiasi Semangat Bapas Malang dalam Membangun Zona Integritas

Malang – Setelah beberapa saat berproses membangun Zona Integritas, pada hari Senin (22/11), Bapak Arif dan Ibu Vivi selaku Tim Penilai Nasional (TPN) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) melakukan Verifikasi Lapangan (Verlap) pembangunan Zona Integritas di Bapas Kelas I Malang.

Tidak hanya sendiri, TPN juga didampingi oleh Tim dari Kementerian Hukum dan HAM RI, yakni Tim Penilai Internal (TPI), Biro Perencanaan, Ditjenpas, serta Kanwil Kemenkumham Jawa Timur.

Dalam kunjungan tersebut tim disambut dengan yel-yel “Bapas Malang Mbois” yang dipimpin langsung oleh Kepala Bapas Kelas I Malang dan disemarakkan seluruh pegawai Bapas Kelas I Malang.

Usai menyaksikan yel-yel , kegiatan Verlap dibagi menjadi dua, yakni paparan dan diskusi bersama Bapak Arif, serta peninjauan area pelayanan bersama Ibu Vivi.

Pada kegiatan paparan dan diskusi, Kabapas beserta Tim Pokja menyampaikan progress reform dari pembangunan Zona Integritas yang telah berlangsung sejak dua tahun terakhir.

Dalam paparannya, Kabapas menyampaikan proses pembangunan Zona Integritas di Bapas Malang, yakni mulai dari perbaikan sarana prasarana serta inovasi SIMAS BISMA. “Inovasi SIMAS BISMA yang kami kembangkan ini, untuk menjawab kendala klien yang sebelumnya harus datang ke Bapas Malang untuk melakukan wajib lapor. Dengan adanya SIMAS BISMA, klien tidak perlu hadir ke Bapas Malang dan dapat melakukan wajib lapor kapan saja dan di mana saja.” tutur Sugandi.

Selain itu, pada kegiatan peninjauan lapangan, TPN didampingi oleh Enny Umronah, selaku ketua Pokja 2, Achmad Sulung, anggota Pokja 6 dan Tim IT, serta Moh Aqim Askhabi sebagai anggota Pokja 1.

Peninjauan lapangan diawali dengan melihat alur layanan dan fasilitas publik yang ada di Bapas Kelas I Malang, mulai dari parkir, petugas pengamanan, front office, ruang tunggu, ruang layanan terpadu, ruang laktasi, tempat bermain anak, hingga etalase hasil produksi klien, baik klien pidana umum maupun klien high risk eks narapidana terorisme.
Selain itu, TPN juga diajak untuk mencoba simulasi Aplikasi SIMAS BISMA yang menjadi inovasi unggulan Bapas Malang.

Usai kegiatan paparan dan peninjauan lapangan, TPN menyampaikan beberapa masukan yang dapat dilakukan Bapas Kelas I Malang untuk semakin memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Dalam evaluasinya, TPN menyampaikan apresiasi atas semangat pegawai Bapas Kelas I Malang dalam membangun Zona Integritas. “Kami sangat merasakan semangat bapak ibu pada kegiatan hari ini. Untuk itu, kami berpesan kepada bapak dan ibu untuk selalu menjaga semangat membangun Zona Integritas,” tutur Arif, salah satu evaluator dari TPN.