kabar bisma

Pelaksanaan Kelompok 9 dalam Kegiatan Praktikum 1 Kesos UMM di Bapas Kelas I Malang

Malang-Kegiatan Praktikum 1 Kelembagaan yang dilakukan oleh Mahasiswa dari Program Studi Kesejahteraan Sosial Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Malang merupakan upaya yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, memahami potensi masalah, dan mengenali sistem sumber eksternal yang diperlukan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan intervensi sosial sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dalam periode 3 Agustus 2023 hingga 3 September 2023, kelompok 9 berhasil mengoptimalkan waktu satu bulan yang diberikan. Program-program yang dijalankan oleh kelompok ini melibatkan penanganan masalah individu terkait pelanggaran hukum. Berikut adalah beberapa tahap yang dilakukan selama kegiatan praktikum:

  1. Intake: Kelompok ini melakukan pendekatan kepada klien untuk membantu mereka mengemukakan permasalahan yang dihadapi.
  2. Assessment Klien: Data dan informasi tentang klien dikumpulkan untuk memahami kapasitas mereka.
  3. Assessment Keluarga: Pentingnya peran keluarga dalam mengatasi permasalahan klien diakui dan dianalisis lebih mendalam.
  4. Hasil Assessment (BPSS): Informasi tentang berbagai aspek kehidupan klien seperti biologi, psikologi, sosial, dan spiritual diidentifikasi.
  5. Rencana Intervensi: Kelompok merancang rencana intervensi dengan melibatkan persetujuan klien dan keluarga. Pendekatan ini dilakukan secara kolaboratif dan tanpa paksaan.

Kegiatan ini juga melibatkan partisipasi dalam kegiatan harian Bapas, seperti apel pagi dan sore, serta kegiatan jumat bersama seluruh staf Bapas berupa senam pagi atau jalan sehat.

Workshop UMKM Goes Digital: Kembangkan Bisnis Klien di Era Digital

Malang (05/08/2023) – Sebanyak 14 orang klien Pemasyarakatan menjadi peserta Workshop “UMKM Goes Digital”. Kegiatan ini digelar sebagai bentuk dukungan atas minat dan potensi Klien di yang sedang mengembangkan wirausaha. Workshop diawali dengan sambutan perwakilan BNPT wilayah Jawa Timur dan dilanjutkan dengan sambutan Plt. Kepala Bapas Malang sekaligus membuka kegiatan.

Plt. Kepala Bapas Malang, Suprianto, menyambut baik kegiatan workshop ini. “Atas dukungan Pokmas Lipas dan stakeholder terkait, kegiatan workshop ini dapat terselenggara dan diharapkan akan memberikan ilmu baru bagi klien yang sedang memulai wirausaha. Tentunya, ini juga merupakan bukti nyata bahwa dukungan masyarakat juga sangat membantu dalam keberhasilan reintegrasi sosial klien di masyarakat,” tutur Suprianto.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi mengenai bisnis di era digital. Pemateri, yakni Endrita A. Wicaksono dari Casa Kreatif, menyampaikan paparan mengenai cara membangun bisnis UKM yang sehat di Zaman sekarang, teknik pemasaran digital, serta memanfaatkan media sosial untuk berbisnis.

Sebagai informasi, kegiatan ini terselenggara atas dukungan klien, Pokmas Lipas Kenny H., dan BNPT yang memiliki keinginan untuk mengembangkan potensi klien di bidang wirausaha.

Partisipasi Para Klien dalam Memenuhi SDM Untuk Melaksanakan Berbagai Program  di Griya Abhipraya

Pujon, Kab. Malang (15/08/2023), Griya Abhipraya merupakan sebuah tempat pemberdayaan untuk mantan napi oleh pihak Bapas. Adapun pada Griya Abhipraya Pujon tersedia berbagai layanan bimbingan kepribadian, kemandirian, hukum, dan kemasyarakatan. Mulai dari budidaya maggot dan pengolahan produk turunannya, pelatihan pembuatan kue basah, pelatihan barista, pelatihan pelayanan cuci motor dan mobil, konseling, pendamping sosial, penyuluhan hukum, hingga layanan pembekalan agama dan dukungan wirausaha klien.

Salah satu hasilnya yaitu berupa panen sayur organik, budidaya jamur dan lele yang kemudian dijual kepada pegawai Bapas Kelas I Malang, masyarakat, dan pasar tradisional setempat. Untuk keuntungan penjualan diberikan seluruhnya kepada klien yang mengelola kegiatan pertanian di Griya Abhipraya Pujon Bapas Malang.

Dalam progam pemberdayaan ini mengajak semua klien untuk bergabung di Griya Abhipraya dalam memfokuskan sumber daya manusia yang dimana ini dibantu oleh beberapa mahasiswa UMM.

Meriahkan HUT RI ke-78, Bapas Malang Gelar Jalan Sehat Bertabur Doorprize

Dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-78, Bapas Kelas I Malang mengadakan jalan sehat dengan hadiah doorprize. Seluruh pegawai Bapas dan mahasiswa magang turut serta dalam acara yang digelar pada Jum’at (18/08/2023) pukul 08.00 pagi dengan tema “Lebih Baik Jalan Sehat Daripada Jalan Ditempat”.

Dengan semangat mengenakan pakaian olahraga berwarna merah putih, para peserta berkumpul di lapangan Bapas Malang. Acara ini dimulai dengan pengibaran bendera oleh Plt. Kepala Bapas Kelas I Malang, dilanjutkan dengan jalan santai mengelilingi lingkungan Bapas dan Lapas Kelas I Malang. Puncak acara adalah pengundian doorprize yang diberikan kepada peserta yang berhasil menyelesaikan jalan sehat.

Kemeriahan Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Bapas Malang

Dalam upaya memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-78, Bapas Kelas I Malang menggelar upacara bendera. Upacara ini dilaksanakan pada Kamis (17/08/2023) di kantor Bapas Kelas I Malang. Peserta upacara meliputi pegawai, mahasiswa magang, dan klien Bapas Malang. Seluruh peserta tampil memukau dengan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, sementara petugas upacara mengenakan seragam Pakaian Dinas Upacara I (PDU I).

Dalam amanatnya, Plt. Kepala Bapas Malang, Suprianto, membacakan pesan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang menegaskan pentingnya bersatu dalam keragaman. Penghargaan juga diberikan kepada pegawai Bapas yang telah mengabdikan diri selama 10, 20, dan 30 tahun. Acara ini berakhir dengan sesi foto bersama dan pengumuman pemenang lomba 17 Agustus.

Peringati Hari Kemenkumham ke-78, Bapas Malang Adakan Pekan Olahraga dan Seni

Dalam rangka merayakan Hari Kemenkumham ke-78, Bapas Kelas I Malang menggelar pekan olahraga dan seni. Acara ini diikuti oleh pegawai Bapas dan mahasiswa magang dari berbagai perguruan tinggi. Kegiatan berlangsung dari Senin (07/08/2023) hingga Jumat (11/08/2023). Terdapat 5 cabang perlombaan yang diselenggarakan, termasuk lomba funminton, pingpong, catur, dan karaoke.

Partisipasi pegawai dan mahasiswa magang dalam lomba ini sangat antusias. Mereka ikut meramaikan acara dengan berpartisipasi dalam cabang perlombaan yang diminati. Acara ini juga menjadi sarana untuk lebih mengenal rekan kerja dan menjalin hubungan yang lebih akrab di luar lingkungan kerja.