kabar bisma

Bapas Malang Pelajari Perubahan Perilaku Bersama Psikolog UB

Malang – Selain tidak ada pengulangan tindak pidana, adanya perubahan perilaku klien pemasyarakatan ke arah yang lebih baik menjadi salah satu keberhasilan pembimbingan yang dilakukan oleh Pembimbing Kemasyarakatan (PK). Dengan demikian, PK perlu memahami mengenai apa yang dimaksud dengan perubahan perilaku sehingga dapat mencapai keberhasilan pembimbingan tersebut.

Guna menambah pemahaman PK, Bapas Malang menggandeng akademisi dan psikolog dari Universitas Brawijaya, Selly Dian Widyasari, S.Psi., M.Psi., Psikolog, untuk menjadi pemateri dalam kegiatan rutin Corporate University (Corpu).

Dimoderatori oleh Bapak Ilhamuddin Nukman, S.Psi., M.A., pemateri menyampaikan paparannya dengan tajuk “Memahami Perubahan Perilaku dalam Konteks Psikologi”.

Dalam paparannya, pemateri menyampaikan mengenai konsep perubahan perilaku, khususnya konsep Reinforcement. Pada konsep ini, terdapat dua aspek yang dapat meningkatkan dan mengurangi perilaku, yakni pemberian reward dan punishment.

Berdasarkan penelitian, pemberian reward positif lebih efektif dalam meningkatkan perilaku berbuat baik dibandingkan dengan memberikan punishment.

“Untuk mengubah perilaku klien ke arah yang lebih baik, bapak ibu dapat mempertimbangkan untuk memberikan apa yang dihargai oleh klien, sehingga klien akan selalu termotivasi untuk meningkatkan perilaku berbuat baiknya,” tutur Selly.

Melalui kegiatan Corpu ini, PK Bapas Malang dapat semakin memahami mengenai konsep perubahan perilaku sehingga diharapkan dapat memberikan layanan pembimbingan yang lebih baik kepada klien pemasyarakatan..

Sebagai informasi, kegiatan Corporate University bersama Dosen Universitas Brawijaya ini berlangsung setiap satu minggu sekali sepanjang bulan September hingga Oktober.